MEMBANGUN MANAJEMEN RELASIONAL DALAM BISNIS RITEL - Papuan Curls

Breaking

Post Top Ad

Refreendum For West Papua

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sunday, April 26, 2015

MEMBANGUN MANAJEMEN RELASIONAL DALAM BISNIS RITEL

customer relationship managament (manajemen ritel)

MEMBANGUN MANAJEMEN RELASIONAL DALAM BISNIS RITEL
 
MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN 
Merupakan sebuah filosofi bisnis dan serangkaian strategi , program, dan sistem yang memperhatikan identifikasi dan membangun kesetiaan dari pelanggan yang sangat berharga bagi pengusaha.
TUJUAN MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Membangun dasar kesetiaan pelanggan yang sering kali berguna bagi pengusaha.
PENGERTIAN FOKUS MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Mendapatkan dan mempertahankan pelanggan serta mengembangkan pandangan pemasaran tradisional .
FOKUS MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
1.      Transaksi.
  1. beralih kepada loyalitas konsumen  yang berorientasi  kepada tujuan jangka panjang.
  2.  kaitan dengan efektivitas  biaya organisasi.
 PEMASARAN TRANSAKSIONAL
Pemasaran transaksional adalah metode tradisional menjual Produk atau jasa yang fokus pada Produk, Tempat, Harga Promosi, dan untuk memaksimalkan manfaat dari transaksi untuk masing-masing pihak.
PEMASARAN RELASIONAL
proses dalam mengidentifikasi dan
membangun, mempertahankan, mempercepat dan kapanpun perlu memutuskan
hubungan dengan pelanggan dan pihak lain yang berkepentingan terhadap
perusahaan untuk memperoleh laba, sehingga dapat mencapai tujuan dari seluruh
bagian yang terlibat.

PERBEDAAN PEMASARAN TRANSAKSIONAL DAN RELASIONAL
PEMASARAN TRANSAKSIONAL
1.      Penjualan.
  1. Orientasi kepada karakteristik produk.
  2. Membatasi komitmen dengan pelanggan.
  3. Kontak dengan pelanggan tidak berkelanjutan.
  4. Kualitas yang diperhatikan terutama dengan produksi.
  5. skala jangka pendek.
PEMASARAN RELASIONAL
1.      orientasi kepada nilai-nilai pelanggan
  1. skala jangka panjang
  2. sangat menekankan pelayanan pelanggan
  3. Relatif tidak membatasi komitmen dengan pelanggan
  4. kontak dengan pelanggan berkelanjutan
  5. fokus kepada pemeliharaan pelanggan
PEMAHAMAN KESETIAAN PELANGGAN
Membuat pelanggan kembali datang ke toko dan merasa puas dengan pengalaman berbelanja mereka dan membawa pulang barang yang dibeli.
EMPAT PENDEKATAN MEMBANGUN KESETIAAN PELANGGAN
1.         Mengeluarkan progam langganan berbelanja
      contoh :  alfamart dan indomart
   
 
memberikan kartu langganan berbentuk card dan akan mendapatkan diskon serta   mendaptkan  hadiah menarik bila berlangganan dgn kartu tersebut.
2.      menawarkan  pelayanan pelanggan yang  spesial
 
 Contoh :  restaurant seperti MCD , KFC  yang memberikan penawaran spesial dengan  menu atau paket hemat ( menu serba lima ribu )
3.      mengikuti selera pelanggan akan jasa yang di   sediakan
   
 contoh :  seorang customer yang akan memakai jasa arsitek  dan salon dalam mengikuti selera pelanggan.
4.      mengembangkan perasaan melalui   komunikasi
   
  
    Contoh : psikolog dan konsultan yang selalu mendengarkan pelanggan melalui perasaan
PROSES MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
Suatu proses interaktif yang mengubah data-data pelanggan ke dalam kesetiaan pelanggan melalui banyak kegiatan
MENGUMPULKAN DATA PELANGGAN
Merupakan tahap pertama proses CRM dengan menciptakan gudang data atau data dasar pelanggan.
GUDANG DATA
Gudang data dikenal sebagai suatu gudang data pelanggan , mengandung data data yang dikumpulkan perusahaan tentang pelanggan nya dan menjadi dasar kegiatan CRM selanjutnya.
LANDASAN UNTUK MANAJEMEN HUBUNGAN PELANGGAN
1.      identifikasi calon pelanggan
  1. Bedakan pelanggan berdasarkan kebutuhan,nilai mereka bagi perusahaan anda
  2. Meningkatkan lamanya relasional pelanggan
4.      mengurangi tingkat penyebrangan pelanggan ke perusahaan lain
          
5.       memfokuskan pelanggan yang tidak seimbang pada pelanggan yang bernilai tinggi.
LEVEL INVESTASI PERUSAHAAN DALAM RANGKA MEMBANGUN RELASI PELANGGAN
1.      Pemasaran dasar
  1.  pemasaran reaktif
  2.  pemasaran bertanggung jawab
  3.  pemasaran proaktif
    TIGA BAHAYA DARI CRM
1.       mengimplementasi kan CRM sebelum   menciptakan strategi pelanggan
  1. Memburu,bukan membujuk pelanggan
  2.  meluncurkan crm sebelum mengubah organisasi supaya cocok
MANFAAT CRM
pendorong utama dari profitabilitas perusahaan
Yang merupakan  kumpulan nilai dari basis pelanggan perusahaan 
KOMPONEN CRM
1.      customer
     segala pihak yang pernah,dan akan merasakan produk  perusahaan
2.      relationship
     adanya komunikasi 2 arah
3.      manajemen
FUNGSI – FUNGSI DARI CRM
1.      mengidenitfikasi faktor-faktor yang penting bagi perusahaan
  1.  menangani keluhan atau komplain pelanggan
  2.  mencatat dan mengikuti semua aspek dalam penjualan
PERMASALAHAN IMPELEMENTASI CRM
1.      perencanaan
     langkah awal akan bisa dengan mudah gagal bila perencanaan dilakukan tidak maksimal
2.      integrasi
      perusahaan yang memberi sedikit atau tidak ada integrasi dengan konsumen akan membuat kepuasaan konsumen menurun drastis

No comments:

Post a Comment

Post Top Ad

Responsive Ads Here