
Pemasaran relasional menekankan rekrutmen dan pemeliharaan (mempertahankan) pelanggan melalui peningkatan hubungan perusahaan dengan pelanggan. Mempertahankan pelanggan jauh lebih murah daripada mencari pelanggan baru, menurut penelitian diperlukan biaya lima kali lipat untuk mendapat satu orang konsumen baru daripada mempertahankan satu orang yang sudah menjadi pelanggan.
Penekanan dari fokus berorientasi transaksi menjadi hubunganjangka panjang dengan pelanggan.
Pemasaran relasional berfokus pada kualitas, customer service, dan aktifitas pemasaran. (Lupiyoadi, 2001:16-17)
Istilah Relationship Marketing diperkenalkan pada dekade 1980-an
dan merupakan konsep yang relatif baru dan terus berkembang. Sebuah definisi diberikan Leonard Berry tentang Relationship Marketing adalah merupakan upaya menarik, mempertahankan dan … dalam organisasi mult jasa … meningkatkan hubungan pelanggan
Gambar 2.1
Model Enam Pasar: Pandangan Pemasaran yang Diperluas
Model Lima Pasar: Pandangan Pemasaran yang Diperluas
Tabel 2.1
Perbedaan Pemasaran Tradisional dan Pemasaran Relasional
Aspek Pemasaran tradisional
Pemasaran relasional
Fokus Fokus pada penjualan Fokus pada
mempertahankan
konsumen
Orientasi Orientasi pada karakteristik
produk
Orientasi pada manfaat
produk
Skala Waktu Skala waktu jangka pendek Skala waktu jangka
panjang
Komitmen Kepada
Konsumen
Komitmen terbatas Komitmen tinggi
Kontak Kontak dengan konsumen
rendah
Kontak dengan konsumen
tinggi
Kualitas Kualitas adalah urusan bagian
operasi
Kualitas adalah urusan
semua departemen/orang
1. Pasar koneksi (Riverral)
Pemasaran terbaik adalah pemasaran yang diselenggarakan oleh pelanggan anda sendiri; inilah sebabnya mengapa tangga loyalitas pelanggan dan penciptaan penyokong (advocates) sangat penting. Namun pelanggan yang sudah ada bukan satu-satunya sumber koneksi (riverral). Sumber yang lain misalnya: perantara, penghubung, pengganda, agen, dsb.
2. Pasar pemasok
Hubungan perusahaan dengan pemasok tempo dulu bersifat permusuhan, kini diganti hubungan berdasar kemitraan dan kolaborasi.
3. Pasar rekrutmen
Sumber daya langka kunci dalam organisasi bukan lagi kapital atau bahan mentah-tetapi sumber daya manusia terampil. Dan situasinya tidak semakin mudah, sekalipun peningkatan pengangguran. Merekrut manusia yang dapat memberi kontribusi penyampaian layanan pelanggan terbaik adalah kuncinya.
4. Pasar pengaruh (Influence Market)
Pasar pengaruh adalah kelompok eksternal yang berpengaruh pada perusahaan, contoh lembaga pemerintah, kelompok politik, asosiasi konsumen, asosiasi perdagangan, otoritas kontrol lingkungan, dll. Hubungan dengan mereka biasanya hanya dibawah Humas. Hal penting harus disadari sekarang, kegiatan ini merupakan unsur penting dalam pemasaran secara keseluruhan.
5. Pasar internal
Pemasaran internal memiliki dua konsep utama:
a. Setiap karyawan dan setiap departemen dalam organisasi adalah pelanggan internal dan pemasok internal. Operasi optimal organisasi tersebut terjamin bila individu dan departemen memberi dan menerima layanan terbaik.
b. Memastikan seluruh staf bekerjasama sesuai misi, strategi, tujuan yang ditentukan organisasi. Diharapkan misalnya penerima telepon memberikan kontak pribadi terbaiknya dengan pelanggan.
VISI :
Meningkatkan kesejahteraan anggota
Maningkatkan jalinan Silahturahmi antar anggota
Menjunjung tinggi nilai kejujuran
MISI :
Ikut berpatisipasi dalam kagiatan masyarakat
Mengadakan rapat anggota dengan rutin
Memberikan laporan keuangan kepada anggota dengan rutin
Pembangunan koperasi adalah salah satu program pokok pemerintah. Karena koperasi dianggap mampu mewadahi masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan berdasarkan kerjasama.
Untuk meningkatkan atau pemeliharaan hubungan koperasi dengan nasabah perlu menekankan pemasaran rasional. Mempertahankan pelanggan jauh lebih murah daripada mencari pelanggan baru, menurut penelitian diperlukan biaya lima kali lipat untuk mendapat satu orang konsumen baru daripada mempertahankan satu orang yang sudah menjadi pelanggan.
Menurut koperta (koperasi tani), hubungan baik dengan nasabah adalah aset utama.
Yang harus dikankan program Global Client Relationship Management:
Nasabah adalah terbesar dan paling penting
Penciptaan terbaik pada Client Relationship
Mendukung team account dalam melatih account yang berkualitas(Account team adalah tim pencari nasabah sekaligus penjaga hubungan, kontribusi essensial dari tim ini adalah membangunhubungan jangka panjang yang signifikan dan menghubungkan isu penting dari bisnis klien dengan jasa yang ditawarkan koperasi)
Memvisikan program Global Client Relationship Management padaseluruh perusahaan.
Yang harus kita lakukan adalah menjaga hubungan antara nasabah,pengurus dan anggota koperasi. Agar koperasi bisa berjalan harmonis dan bisa menghasilkan keuntungan bagi semuanya.
Untuk nasabah:
o Meningkatkan pelayanan,baik sistem kredit ataupun peminjaman tunai.
o Meminimalkan suku bunga untuk meningkatkan pelanggan.
Untuk Anggota :
o Memberikan laporan yang riil dan sesuai dengan keadaan koperasi agar anggota bisa percaya kepada pengurus dan tidak salah paham.
o Sering memeberikan bonus,misalnya pada rapat anggota diberikan dourprice pada nasabah yang aktif pada koperasi.
Untuk Pengurus :
o Bekerja dengan jujur dan serius untuk mengelola dana anggota.
o Selalu ramah kepada siapapun,baik ke pnasabah atau atau warga sekitar,untuk menciptakan keamanan bersama.
No comments:
Post a Comment